Taktik dan Strategi Permainan Squash Agar Menang Telak

  • Whatsapp
Dalam dunia permainan/pertandingan olahraga pastilah akan kita temui yang namanya “Taktik dan Strategi” bermain. Dimana kedua hal tersebut saling mendukung satu sama lain. Sehingga jika Anda dapat menguasi taktik dan strategi permainan squash, maka Anda dapat memenangnkan pertandingan squash dengan telak.
Namun untuk menguasai strategi dan taktik squash, Anda lebih baik mempelajari terlebih dahulu teknik dasar permainan squash. Supaya kemampuan bermain (skill bermain) Anda komplet/memadai sebagi pemain squash profesional.
http://www.squashgame.info

Strategi dan Taktik Permainan Squash

Strategi Permainan Squash

Ada dua jenis strategi dalam permainan squash yang bisa Anda lakukan ketika bermain squash. Strategi menyerang dan strategi bertahan.
Jika Anda menyukai strategi menyerang atau permaian agresif, kami saranya menggunakan pukulan-pukulan dekat dengan lantai. Fokuslah pada pukulan-pukulan rendah. Dan pukul  ola squash dengan keras.
Jika Anda menyukai strategi bertahan atau permainan yang sabar, ANda bisa menggunakan pukulan Lob dan mengincar area atas lapangan. Oleh karena itu Anda wajib meyempurnakan (menguasai) pukulan Lob.

Taktik Permainan Squash

Pada artikel sebelumnya telah kami bahas mengenai teknik dasar pukulan squash. Dimana pada artikel tersebut kami bahas mengenai jenis-jenis pukulan dasar permainan squash. Nah supaya Anda dapat melakukan taktik permainan squash dengan baik, Anda wajib menguasai terlebih dahulu teknik dasar permainan squash ini. Dengan begitu Anda dapat melakukan beberapa taktik squash agar dapat memenangkan pertandingan dengan telak.
Taktik permainan squash sangat dipengaruhi oleh pemain itu sendiri. Dimana pemain dapat mengkombinasikan jenis pukulan squash pada waktu dan situais yang tepat. Sehingga membuat lawan kuwalahan dan sulit untuk mengembalikan bola hasil pukulan Anda.
Berikut ada beberapa taktik permainan squash yang Anda pahami ketika bermain squash.

Pukulan drive dan arah pukulan

Dekatilah bola squash dari arah samping, kemudian pukulan bola ke dinding samping mengarah ke dinding depan, supaya bola melambung menuju ke belakang dekat dengan kotak servis.

Bost offense atau defense

Lakukanlah pukula boast offense (menyerang) dengan mengarahkan boa ke 3 dinding sekaligus untuk mengecoh lawan. Caranya yaitu dengan memukul bola menuju salah satu dinding dan diarahkan ke dinding depan serta menuju dinding samping lagi.

Straight game

Dimana Anda memukul bola secara lurus dengan mengkombinasikan jenis pukulan drive, lobs dan drop.

Short game

Dimana taktik bermain ini pemain memainkan bola pendek untuk memancing lawan bermain pendek dan pada saat ada kesempatan, Anda melakukan pukulan volley dengan keras, supaya bola memantul jauh ke belakang.

Short dan long game

Untuk memainakan permainan suash short dan long game, maka pemain dituntuk dapat melakukan jenis pukulan berikut:
  1. Drive – boast
  2. Drive – boast with straight drives
  3. Lob – drop
  4. Lob drpop with staright lob
  5. Lob boast
  6. Lob – boast with straight lob
  7. Drive – boast – lob – drop
Selain taktik diatas, masih ada satu taktik sederhana supaya Anda dapat menguasi jalannya permainan/pertandingan squash ini. Dimana Anda hanya perlu menguasi daerah “T” pada lapangan squash. Dengan begitu Anda akan dapat mengendalikan permainan squash.
Apakah Anda akan bermain dengan cepat ataupun lambat. Karena dengan menguasi area “T“, berati Anda akan lebih mudah dalam mengambil langkah untuk menyambut bola hasil pukulan lawan.
Dengan menguasai area “T“, maka Anda akan lebih efektif dalam melihat dan mengjangkau bola. Dan pastinya tidak akan tergantung dengan pemain lawan.
Perlu Anda ingat, bahwa dalam permainan squash, pemain setelah memukul bola harus menuju daerah “T“, supaya tidak mengganggu lawan. Nah tugas Anda bagaimana Anda bisa berada di areaT” itu dengan nyaman dan lama. Otomatis Anda harus bisa melakukan pukulan-pukulan bola yang menghasilkan pantulan yang menyulitkan bagi lawan Anda. Supaya lawan Anda segera mungkin meninggalkan daerah “T” tersebut.
Nah itulah penjelasan mengenai taktik dan strategi permainan squash supaya dapat menang dengan telak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu berlatih squash dengan sungguh-sungguh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *