Contoh Latihan Menguatkan Tinju

  • Whatsapp
Bentuk latihan memperkuat tinju atlet petinju – Dalam olahraga tinju, kekuatan otot lengan perlu diperhatikan. Dimana olahraga tinju ini, menggunakan pukulan untuk memperoleh point dan menjatuhkan lawannya.
Hanya menggunakan pukulan tidak boleh menendang ataupun membanting lawan. Anda wajib memukul lawan hingga jatuh.
Contoh Latihan Menguatkan Tinju
Pukulan tinju

Oleh karena itu mempunyai otot lengan yang kuat menjadi bonus tersendiri untuk para petinju.
Dan bagaimana cara melatih kekuatan tinju supaya lebih kuat dan powernya meningkat?
Nah pada artikel ini, Anda akan memperoleh beberapa contoh bentuk latihan untuk memperkuat pukulan tinju, supaya dapat melakukan pukulan dengan keras. Sehingga bisa Anda jadikan refrensi guna melatih pukulan tinju Anda menjadi lebih kuat bertenaga.

3 Bentuk Latihan Memperkuat Pukulan Tinju

1. Push up

Melakukan gerakan push up dengan tangan mengepal dapat membantu menguatkan tulang jari dan juga pergelangan tangan Anda.
Setelah itu cobolah melakukan pukulan ke samsak. Lakukan latihan push up lalu latihan memukul ke samsak selama seminggu. Dan jangan lupa selalu lakukan pukulan dengan full tenaga. Dan selalu bandingkan seberapa jauh jarak pantulan samsak ketika Anda pukul dengan sekuat tenaga tersebut.
Jika Anda benar-benar memperhatikan, pasti jarak pantulan samsak tinju akan semakin jauh. Dan itu tandanya pukulan Anda semakin kuat dan bertambah powernya.

2. Shadow Boxing

Cobolah memegang dumbbell ringan atau Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan Anda masing-masing. Kemudia lakukan gerakan shadow boxing selama seminggu.
Cobalah Anda hitung berapa banyak pukulan yang bisa Anda lakukan selama 10 detik. Dan lakukan latihan secara rutin, terakhir bandingkan daya pukulan Anda akan semakin terasa ringan, tanpa menggunakan beban dumbbell tadi.

3. Latihan Barbell

Bentuk latihan menggunakan barbell ini cukup mudah sebenarnya. Namun harus dalam pengawasan seorang pelatih.
Anda bisa memulai latihan menggunakan barbell yang ringan terlebih dahulu, selanjutnya bisa menggunakan barbell dengan berat masing-masing 5 kg.
Angkatlah barbell ke arah dada dengan sikap tangan normal dimana punggung tangan menghadap ke atas. Dan lakukan gerakan mendorong dan menarik dengan cepat. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 6 set dengan 12 repetisi.
Nah itulah contoh program latihan menguatkan pukulan tinju yang mudah dan sederhana. Latihan ini bagus digunakan oleh petinju amatir maupun profesional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *