Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, Jenis, Ukuran Lapangan dan Peraturan

Cara Mudah Bermain Permainan Bola Tangan/Handball Secara Propesional

Bola Tangan – Halo sahabat setia zonapelatih.net. Balik lagi bersama-sama saya, yang mana di artikel awalnya kita sudah mengulas tentang Sepak Bola. Karena itu seterusnya kita akan mengulas artikel mengenai Bola Tangan : Pemahaman, Riwayat, Tipe, Ukuran Lapangan serta ketentuannya dengan komplet, langsung saja yok baca artikelnya dibawah ini

Pemahaman Bola Tangan Secara Umum Daftar isi

  1. Pemahaman Bola Tangan Secara Umum
  2. Pemahaman Bola Tangan Menurut Beberapa Pakar
  3. Sejarah Bola Tangan
  4. Macam-Macam Bola Tangan
  5. Ukuran Bola serta Lapangan
  6. Peraturan Bola Tangan
  7. Langkah Bermain Bola Tangan

Olahraga bola tangan hampir serupa seperti sepak bola, namun ketidaksamaanya terdapat di langkah memainkannya. Sepak bola dimainkan memakai kaki, sedang sepak tangan jelas memakai tangan untuk memainkannya. Disamping itu jumlah anggota team/pemain bola tangan semakin sedikit dibandingkan sepak bola.

Tentang hal pemahaman bola tangan ialah cabang olahraga sisi bola besar beregu yang sama-sama bersimpangan keduanya, diamana pada sebuah team terbagi dalam 7 pemain utama dengan beberapa pemain pengganti.

Pemahaman Bola Tangan Menurut Beberapa Pakar Sedang menurut beberapa pakar pemahaman bola tangan ialah :

Menurut Haris (1991:12) Haris menjelaskan jika permainan bola tangan mempunyai beberapa prinsip seperti cabang olah raga biasanya. Yang mana beberapa prinsip itu seperti permainan bola tangan adalah permainan team, memakai tangan untuk memainkannya, dan hasil laga dipastikan dengan adanya banyak goal yang berlangsung. Olah raga ini disebutkan untuk wujud modifikasi/kombinasi dari sepak bola serta bola basket.

Menurut Mahendra (2000:9) Permainan bola tangan biasanya latih kekuatan gerak landasan untuk membuat kekuatan kecepatan gerak serta kemampuan kecuali tentu saja ialah pengaturan serta kolektivitas. Permainan ini membutuhkan gerak landasan yang seperti permainan bola basket, seperti kekuatan lari cepat, lari mengganti arah dengan, melonjak, melempar serta bergerak ekplosif.

Menurut Lutan (1998:67) Tentang hal menurut Lutan bola tangan sebuah permainan dengan irama yang cepat dengan menyertakan 2 team yang mana masing – masing team terbagi dalam 7 orang dengan beberapa pekerjaan, seperti mengoper, melempar, tangkap, serta mendribel satu bola kecil memakai tangan mereka sekalian berupaya membuat gol ke gawang team musuh. Team dengan gol paling banyak dipastikan untuk juara. Permainan ini terbagi dalam 2 set dengan masing -masing set sejauh 30 menit yang dipotong dengan 10 menit istirahat.

Riwayat/Sejarah Bola Tangan

Olahraga ini sendiri telah ada semenjak era Yunani Kuno (130 – 200 Masehi). Tetapi di era dahulu olah raga ini namanya Ukrania, tetapi tentunya ketentuan dan langkah bermain nya sedikit berlainan dengan bola tangan di era saat ini.

Di era ke 11 Masehi, permainan bola tangan berkembang sampai ke negara Jerman yang dipopulerkan dengan seorang pria namanya fangballspiel (dengan nama asli Walther Von Der Vgelweide). Olah raga Bola tangan selanjutnya menyebar cepat sekali sampai ke sejumlah negara di benua Eropa serta Amerika, yakni di era ke 14 Masehi, olahraga ini sudah dimainkan di Denmark serta Perancis.

Kemudian bola tangan mulai alami beberapa perombakan ketentuan di era ke 19 Masehi, yang mana permainan bola tangan harus dimainkan dengan tujuh orang pemain. Figur – figur yang meningkatkan olahraga ini ialah seorang pria asal Jerman yang namanya Hirschman serta Dr. Karl Schelenz, yang diketahui untuk penemu dari bola tangan lapangan kekinian.

Karena mereka, bola tangan jadi makin terkenal sampai menebar ke seluruh dunia. Banyak pertandingan – pertandingan sah yang sudah diadakan. Sampai selanjutnya International Handball Federation (IHF) juga dibuat di tahun 1946 untuk induk liga bola tangan dunia. IHF juga selanjutnya melangsungkan kejuaraan dunia bola tangan di tahun 1954, serta sudah terdaftar mempunyai lebih kurang 160 negara untuk anggotanya.

Macam-Macam Bola Tangan

Ada 3 jenis tipe permainan bola tangan, diantaranya :

  1. Bola tangan outdoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 11 pemain di atas lapangan terbuka.
  2. Bola tangan indoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 7 pemain di atas lapangan tertutup.
  3. Permainan bola tangan kombinasi, dimainkan di atas lapangan terbuka, tapi memakai ketentuan indoor handball.

Ukuran Bola serta Lapangan

Ukuran Bola

Tentang hal ukuran bola tangan ada beberapa jenis, untuk putra berumur 16 tahun ke atas, berat bola yang disarankan yakni mempunyai berat 425-475 gr. Lalu untuk putri berumur 14 tahun ke atas, berat bola yang disarankan yakni mempunyai berat 325 -375 gr. Sedang untuk putra serta putri di bawah 16 serta 14 tahun, berat bola yang disarankan yakni mempunyai berat 290-330 gr.

Ukuran Lapangan

Lapangan bola tangan mempunyai ukuran yakni, panjang 40 mtr. serta lebar 20 mtr.

Ketentuan dan Peraturan Bola Tangan

Tentang hal ketentuan dalam permainan bola tangan, antaralain :

Cara memainkan bola

  1. Bola cuman bisa disentuh dengan tangan, kepala, tubuh, paha, serta lutut.
  2. Sesudah 3 cara, bola harus dipantulkan.
  3. Meredam bola sangat lama 3 detik.

Ketentuan bermain di wilayah gawang

  1. Kiper bebas bergerak di wilayah gawang.
  2. Hukuman lemparan 14 mtr. untuk pemain bertahan yang masuk wilayah gawang.
  3. Bola di wilayah gawang hak kiper.

Kembalikan bola ke wilayah gawang

  1. Diperkenankan melempar bola masuk gawang;
  2. Tidak diperkenankan meredam bola lebih dari 3 detik;
  3. bisa bawa bola dengan berjalan di wilayah gawang;
  4. lemparan pojok jika bola keluar.

Ketentuan untuk kiper

  1. Bisa melempar bola dengan semua langkah.
  2. Jangan meredam bola lebih dari 3 detik.
  3. Bisa bawa bola dengan berjalan di wilayah gawang.
  4. Jangan bawa bola keluar dari gawang.

Berlangsungnya gol atau terjadinya gol

  1. Bola melalui garis gawang karena itu gol berlangsung.
  2. Kembali pada tempat sebelumnya sesudah cetak gol.

Langkah-Langkah dan Cara Bermain Bola Tangan

Permainan bola tangan harus dimainkan cuman menggunakan tangan jangan memakai kaki (di tendang), serta untuk pemain yang tengah menggenggam bola jangan lari atau jalan, sesaat yang tidak menggenggam bola harus mengambil status.

Demikian artikel tentang Bola Tangan : Pemahaman, Riwayat, Tipe, Ukuran Lapanga serta Ketentuan saya berharap artikel ini bisa menolong sahabat dosenpintar.com menambahkan pengetahuan dan wacananya. Sampai bertemu lagi di artikel-artikel seterusnya.

Tinggalkan komentar